Budidaya Tanaman Porang | Pupuk Tanaman

pupuktanaman.com - Sahabat petani tahukah kamu jenis tanaman porang atau Amorphophallus muelleri ini sempat viral dan banyak orang yang menanam tanaman ini secara besar - besaran. Tanaman ini merupakan tanaman jenis umbi umbian yang memiliki aneka ragam akan manfaatnya. Manfaat dari jenis tanaman ini meliputi dapat sebagai bahan baku kosmetik, Lem, Jelly, dan sebagai bahan makanan yang rendah kalori.
Tanaman Porang


Tanaman porang ini memiliki pasar exspor yang sangat bagus, adapun negara yang siap menerima dari pasar porang ini adalah seperti negara Jepang, China, Australia dan Vietnam.

Budidaya Tanaman Porang

Untuk budidaya tanaman porang yang perlu di perhatikan adalah pemilihan bibit yang berkualitas, agar tanaman porang dapat tumbuh dengan baik dan rawan akan serangan hama maupun terkena penyakit. Berikut ini merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika memulai menanam tanaman porang :
  • Memiliki intensitas cahaya kurang lebih 60 - 70%. (Tidak terlalu panas)
  • Tanah yang gembur dan tidak terlalu becek/ bukan tanah rawa.
  • Memiliki PH tanah sekisaran 6 - 7ph.
  • Pemupukan menggunakan pupuk kandang / kompos kambing fermentasi.
Pengalaman kami yang pernah menanam tanaman porang ini, kami menggunakan pupuk kompos kambing fermentasi untuk pemupukannya karena jenis tanaman ini memiliki proses panen yang cukup lama, jadi untuk menjaga nutrisi tanah lebih baik menggunakan kompos kambing fermentasi. 

Seperti gambar diatas, tanaman porang bisa ditumpang sari dengan tanaman lainnya sekaligus tanaman porang dapat kita budidayakan memakai polybag sebagai media penyemaian. Tanaman porang tidak suka dengan lahan yang terlalu becek karena akan membuat tanaman mati dan pembusukan umbi tanaman.

Jadi itu teman - teman hal yang perlu di perhatikan dalam penanaman tanaman porang ini, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung di situs kami yang sederhana ini.

0 Response to "Budidaya Tanaman Porang | Pupuk Tanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.