Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun | Pupuk Tanaman

Pupuktanaman.com - Hallo teman - teman sobat petani, tahukah kamu bahwa daun dapat digunakan sebagai pupuk kompos dan hal ini sudah di implementasikan oleh nenek moyang kita dahulu sebelum ada pupuk seperti saat ini. Sebelum ada pupuk seperti saat ini, masyarakat petani memakai daun sebagai pupuk kompos tanamannya dengan cara daun daun di rendam dengan air yang sudah tercampur dengan tanah.

Dikesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat pupuk kompos dari daun yang dimana kemarin kami juga diminta untuk menjadi narasumber pembuatan kompos dari rumah tangga yang dimana bahan - bahan kemarin menggunakan limbah daun daun pekarangan dan limbah sayuran.

Cara Membuat Kompos dari Daun

Sebelum membuat kompos dari daun, ada beberapa bahan dan alat yang harus di siapkan untuk membuat kompos dari daun ini. Adapun alat dan bahan sebagai berikut ini :

Bahan yang digunakan

  • Daun kering / limbah daun basah.
  • Kotoran ternak bisa sapi / kambing yang sudah halus.
  • EM4 / Mikro Organisme Lokasl (MOL) buatan sendiri.

Alat yang digunakan

  • Tong / Ember Cat / Plastik.
  • Pisau / Mesin Pencacah.
Untuk bahan dan alat yang digunakan seperti atas teman - teman, namun dalam pembahasan ini, kami menggunakan bahan - bahan yang kami produksi sendiri dari tempat kami, seperti untuk kotoran ternak kami menggunakan kompos kambing fermentasi dan juga mol kami memakai produk kami.

Ditempat kami merupakan tempat produksi kompos kambing fermentasi, media tanam siap pakai dan juga MOL untuk kebutuhan petanian dan tanaman hias.

Bagaimana Cara Membuat Kompos Daun

Setelah alat dan bahan sudah siapkan, mari kita langsung mempratekkan cara membuat kompos daun ini. Sebelum kecara pembuatan, perlu kita ketahui dalam pembuatan kompos daun ini membutuhkan waktu kurang lebih 2- 3 minggu proses fermentasi agar daun bisa menjadi kompos dan siap digunakan ke tanaman.
  1. Pertama kita cacah / kita potong kecil kecil daun / limbah daun tersebut menggunakan pisau atau bisa menggunakan mesin pencacah daun bila memiliki.
  2. Kedua siapkan plastik / tong / ember dan berikan lubang - lubang dengan tujuan memberikan udara gas dalam proses pembuatan kompos nanti agar keluar dan lubang tersebut juga berfungsi sebagai jalur keluarnya air MOL dari proses pembuatan kompos. Jadi dalam proses pembuatan kompos daun ini akan menghasilkan 2 produk, yaitu kompos padat dan juga MOL cair.
  3. Ketiga larutkan EM4 di air bersih sesuai dengan komposisi EM4 atau bila menggunakan MOL bisa camputkan 1 liter MOL di campur dengan 15 Liter air bersih.
  4. Keempat masukkan daun ke ring ke tong dengan tinggu kurang lebih 20 cm berikan kotoran ternak di atasnya secara merata 1 - 2 cm lalu siram dengan cairan MOL yang sudah dilarutkan tadi secara merata.
  5. Kelima lakukan hal nomor 4 sampai tong penuh dan tutup dengan rapat.
  6. Keenam simpan tong yang sudah diisi tadi ditempat yang teduh, bisa di taruh bawah pohon maupun di pinggir rumah yang teduh.
  7. Ketujuh tunggu sampai 2 - 3 minggu, baru tong bisa dibuka dan daun - daun tersebut sudah menyerupai tanah / Kompos daun padat.



Mungkin itu teman - teman cara pembuatan pupuk kompos dari daun, bila teman - teman ingin sharing lebih lanjut bisa kunjungi alamat kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Untuk telp/wa kami di 085735660673 dan situs resmi kami di www.qirama.com dan pupuktanaman.com.

Terima kasih, semoga informasi yang  kami bagikan bisa bermanfaat dan salam dari kami.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun | Pupuk Tanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.