Cara Membuat Mina Padi dengan Teknik Paralon/Pipa | Magetan Madiun Ponorogo Ngawi

pupuktanaman.com - hallo teman - teman sahabat petani dimanapun berapa, seperti yang kami bahas diartikel sebelumnya tentang mina padi yang menggunakan paralon dengan ikan di bawahnya. Kemarin saya sempat membuat seperti itu dalam rangka uji coba menanam padi dengan memanfaatkan lahan di atas kolam ikan saya, agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai hasil lebih.


Membuat Mina Padi dengan Paralon/ Pipa

Bila sebelumnya ada yang post tentang mina padi dengan padi di tengah dan di keliling i kolam ikan nila, lalu ada yang menggunakan paralon diatas kolam ikan dengan air yang mengalir. Kali ini kami membahas tentang uji coba kami dengan menggunakan air yang tidak mengalir atau bisa di bilang bila air dalam paralon habis, kami isi secara manual dengan air kolam di bawahnya.

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan sebagai berikut ini :
Bahan yang digunakan
  • Kompos kambing yang sudah difermentasi
  • Sekam yang sudah di bakar yang tidak sempurna/ sekam hitam bukan abu.
  • Bibit biji padi yang sudah direndam air selama 1 malam.
  • Mikro Organisme Lokal (MOL) buatan. Jadi kami membuat MOL sendiri selain untuk semprot ketanaman juga berfungsi sebagai nutrisi tanaman di paralon.
Alat yang digunakan
  • Paralon + tutup paralon
  • Bor untuk melubang i paralon
  • Gelas plastik tempat minuman jus
  • Penyedot air + Selang yang digunakan untuk menaikkan air ke paralon/ bisa gunakan cara manual bila tidak memiliki penyedot air.

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah tahap perakitan atau cara membuatnya.
  1. Pertama kita membuat wadah untuk tempat tumbuhnya padi, yaitu memberi lubang di paralon seperti tempat hidroponik dan kita tutup untuk lubang ujung paralon semuanya menggunakan tutup paralon. Paralon yang kami gunakan berukuran 3 dim.
  2. Kedua kita memberi lubang kecil kecil di bawah gelas plastik guna untuk menaikkan air ke bibit padi dan juga agar akar bisa mengambil nutrisi di air. 
  3. Ketiga kita membuat campuran bahan media tanam untuk akan kita tanam i bibit padi yang sudah kita rendam selama 1 malam. dengan pembuatan media tanam dari kompos kambing fermentasi di campur dengan sekam bakar.
  4. Masukkan media tanam yang sudah di campur kedalam gelas yang sudah di beri lubang tadi. lali masukkan bibit padi/ tanam bibit padi ke dalam media tanam yg sudah di siapkan di gelas.
  5. Pasang paralon dan tata di atas kolam, lalu beri air paralon sampai penuh.
  6. Masukkan gelas yang sudah di isi media tanam dan bibit ke dalam lubang lubang yang di buat di paralon tadi.
  7. Berikan MOL secara berkala 3 minggu sekali dan cek air dalam paralon jangan sampai mengering airnya. 
Mungkin itu gambaran dari membuat Mina Padi dengan Teknik Paralon/ Pipa, lebih lanjut bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673 atau bisa berkunjung di alamat kami Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Terima kasih, semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel kami ini bila bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Mina Padi dengan Teknik Paralon/Pipa | Magetan Madiun Ponorogo Ngawi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.