Mina Padi | Teknik Sistem Hidroponik Padi dan Ikan

Pupuktanaman.com - Mina padi merupakan teknik tumpang sari / kombinasi ikan air tawar dan tanaman padi agar menghasilkan 2 panen sekaligus di bidang petanian dan peternakan. Untuk jenis ikan tawar yang kami ternakan adalah ikan nila, karena sebenarnya untuk jenis ikan air tawar jenis apapun tidak begitu pengaruh. Saya ternak ikan nila yang saya campur juga dengan ikan gurami karena tujuan saya ternak ikan untuk konsumsi sendiri.


Sistem Hidroponik Padi dan Ikan

Disini kami sudah menerapkan dan uji coba teknik hidroponik padi dengan air dari kolam ikan nila dan gurami. Ini merupakan uji coba pertama kami dan berhasil sampai tanaman padi menghasilkan padi seperti gambar di atas. Untuk uji coba kami ini, kami menggunakan paralon sebagai tempat padi yang kami taruh di sekeliling kolam kami, kedepannya kami akan membuat full padi di atas kolam dengan teknik tumpang sari / kombinasi ini.

Dalam perkembang pertumbuhan tanaman padi model seperti ini untuk jangka panen lebih dari 3 bulan sejak awal pembuatan bibit dari penyemaian. Untuk gambar diatas merupakan hasil pertumbuhan tanaman padi usia 2 bulan lebih 15 hari sejak dari bibit padi. Jadi usia padi dengan teknik seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama namun juga bisa menghasilkan 2 panen sekaligus.

Perkembangan dari tanaman padi ini, dalam penanaman/ media tanam yang kami gunakan adalah dari kompos kambing fermentasi yang kami produksi dan untuk nutrisi air/ kami menggunakan MOL cair yang kami produksi sendiri yang dimana MOL yang kami buat tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan.

Kami kedepan akan mengembangkan sistem ini di tempat kami, sebagai percontohan dan meninkatkan penghasilan di bidang petanian dan peternakan dengan sistem tumpang sari / kombinasi dari tanaman padi dan ikan air tawar. menurut kami sistem ini cukup bagus diterapkan karena dalam media tanam di padi juga sedikit rumput yang tumbuh dan juga sistem ini tidak memakan banyak tempat.

Informasi lebih lanjut tentang teknik tumpang sari / kombinasi padi dan ikan air tawar ini, bisa juga berkunjung di tempat kami, di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Bisa juga sharing - sharing ke kami di telp/wa 085735660673. 

Untuk cara menanam dengan sistem ini akan kami buat di artikel berikutnya tentang cara membuat teknik sistem tumpang sari / kombinasi tanaman padi dan ikan air tawar agar menghasilkan panen yang maksimal. Semoga bemanfaat informasi atau artikel yang kami bagikan. Terima Kasih


0 Response to "Mina Padi | Teknik Sistem Hidroponik Padi dan Ikan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.