Membuat Arang Sekam Kulit Padi - Api Unggun | Qirama


pupuktanaman.com - Tahukan kamu bila limbah kulit padi bisa dimanfaatkan menjadi campuran untuk pupuk dan memiliki hasil yang sangat maksimal bagi pertumbuhan tanaman. Di tempat kami di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama, kami mengolah limbah kulit padi menjadi sekam bakar/ arang sekam.

Manfaat Sekam Bakar / Arang Sekam

Sekam bakar sendiri memiliki beberapa manfaat bagi tanaman, antara lain manfaat dari sekam bakar / arang sekam dari kulit padi adalah :
  • Mengikat racun pada tanah, sehingga tanaman akan lebih tahan dari serangan penyakit tanaman.
  • Mengemburkan tanah, karena sekam bakar bersifat tidak padat, sehingga membuat tanah yang sudah tercampur dengan sekam bakar menjadi lebih gembur/ tidak padat.
  • Memperbaiki tingkat keasaman tanah.
  • Memperbaiki unsur hara tanah yang sudah rusak.
  • Mempercepat pertumbuhan akar tanaman.
  • DLL.
Tidak sedikit manfaat dari sekam bakar/ arang sekam baik untuk memperbaiki struktur tanah dan juga menjaga tanaman tetap subur serta mempercepat pertumbuhan akar tanaman. Maka dari itu tempat kami juga memproduksi untuk sekam bakar ini untuk media tanam yang kami jual belikan dan juga untuk lahan pertanian kami.

Cara Membuat Sekam Bakar / Arang Sekam

Pada dasar untuk membuat sekam bakar ini cukup mudah teman - teman, saya beranggapan untuk membuat sekam bakar ini seperti membuat api unggun. Karena ketika kami membuat sekam bakar seperti api unggun dengan api yang menyala - nyala sampai kulit padi berwarna hitam.

Dalam proses pembakaran ini diusakan jangan sampai menjadi abu, karena bila jadi abu maka itu bukan sekam bakar/arang sekam namun abu bakar. Jadi sekam bakar merupakan proses pembakaran yang tidak sempurna atau setengah matang, sehingga warna dari limbah kulit padi berwarna hitam dan untuk bibit padi tidak tumbuh dalam media tanam kita.


Seperti apa api unggun untuk proses pembakaran dari kulit padi. Bisa perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan proses pembakaran dari kulit padi untuk menjadi sekam bakar/ arang sekam. Dengan metode proses pembakaran seperti ini akan menghasilkan asap yang sedikit/ hampir tidak ada dan juga prosesnya lebih cepat, sehingga mengurangi dari polusi udara.

0 Response to "Membuat Arang Sekam Kulit Padi - Api Unggun | Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.