Cara Mudah Membuat Sekam Bakar | Ngawi, Madiun, Ponorogo, Magetan

pupuktanaman.com - Sekam bakar atau arang sekam merupakan media tanam yang sering digunakan sebagai media tanam tanaman hias. Sekam bakar juga sering dijadikan campuran dalam pembuatan media tanam untuk media tanam tanaman pot maupun penanaman tanaman buah.

sekam bakar
Sekam bakar tentunya berbeda dengan sekam mentah, karena jenis sekam tersebut sama - sama sering digunakan sebagai media tanam. Kekurangan sekam mentah adalah sekam mentah biasanya belum matang untuk dijadikan media tanam, hal ini membuat sekam mentah mengeluarkan energi panas yang tidak disukai tanaman. Berbeda dengan sekam bakar yang sudah melalui proses pembakaran sehinggal lebih steril dan aman digunakan untuk media tanam.

Lalu bagaimana cara membuat sekam bakar yang mudah dan bisa jadi sekam bakar bukan menjadi abu? Berikut ini cara mudah membuat sekam bakar.

Cara Mudah membuat Sekam Bakar

Dalam pembuatan sekam bakar ini memiliki banyak cara, salah satunya yaitu dengan cara mudah berikut ini. Adapun hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan sekam bakar ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Sekam Mentah / Kulit Padi - Kulit padi dapat kamu perolah dari penjual sekam mentah atau bisa kamu cari di tempat selep padi, tidak sedikit kulit padi dibuang oleh tukang selep padi.Untuk harga dari sekam mentah ini tidak terlalu halal bila kamu membelinya bahkan bisa jadi gratis karena kulit padi / sekam ini merupakan limbah tanaman padi.
  2.  Pemantik Api - tentunya dalam pembuatan sekam bakar membutuhkan api, oleh karena itu perlu di butuhkan pemantik api baik korek api maupun korek gas. Pemantik api ini mudah ditemukan di toko - toko terdekat atau bisa pinjam keteman.
  3. Kawat Jaring - untuk kawat jaring ini dapat kita beli di toko bangunan dan harga dari kawat jaring ini tidak terlalu mahal kok teman - teman dan bisa kita pakai berkali - kali dalam pembuatan sekam bakar kedepannya.
  4.  Kertas - dalam pembakaran kita membutuhkan kertas sebagai penghidup api di awal. Penggunaan kertas ini tidak terlalu banyak, karena untuk menghidupkan api di awal saja. Bisa kamu gunakan kertas yang tidak terpakai, jadi tidak perlu beli.
  5. Air - digunakan sebagai mendinginkan sekam bakar agar bisa langsung digunakan atau di implementasikan sebagai media tanaman.

Langkah - Langkah Membuat Sekam Bakar

Setelah semua perlengkapan untuk membuat sekam bakar sudah ada, kita bisa lanjut dalam perakitan atau penataan untuk persiapan pembakaran. berikut ini hal perlu dipersiapan dan dilakukan sebagai berikut :

  • Gulung Kawat Jaring - Gulunglah kawat jaring dengan diameter 20 - 30 cm. kawat jaring letakkan tegak lurus di tanah.
  • Letakkan sekam - letak kan sekam mentah di sekeliling kawat jaring, seperti gambar di bawah ini.
  • sekam

  • Masukkan kertas yang kita bakar lalu masukan kedalam cerobong kawat jaring dan biarkan terbakar.
  • Pastikan nyala api hidup dengan sempurna.
  • Biarkan sekam terbakar sampai semua menghitam.

 Setelah hitam merata, aduk sekam agar terbakar merata semua. dan sekam bakar sudah jadi.

Jadi kurang lebih seperti itu teman - teman dalam pembuatan sekam bakar. Informasi lebih lanjut bisa tinggalkan komentar di bawah ini. terima kasih.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Sekam Bakar | Ngawi, Madiun, Ponorogo, Magetan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.