Kebun Vanili | Pupuktanaman

pupuktanaman.com - Sahabat petani kembali lagi di situs kami yang membahas terkait kegiatan pertanian di tempat kami. Kali ini kami akan berbagi cerita tentang kebun vanili yang baru kami buat. Jadi awal cerita kami sebelum bertanam vanili itu karena kami mendapatkan pelanggan yang order sekam bakar dan kompos kambing fermentasi ke kami untuk perkebunan vanili.

vanili Magetan
Awal cerita dari ketertarikan kami dari kebun vanili pelanggan kami, sehingga kami memutuskan untuk membangun kebun vanili di halaman kami/ kebun. Dimana kebun kami sudah kami tanam i tanaman anggur, lalu kami coba kembangan untuk bagian bawah kami tanamani vanili dan atas ada tanaman anggur yang menjalar.

Kebun Vanili Magetan

Untuk alamat kebun kami berada di belakang tempat produksi kompos kambing atau lebih tepatnya di Kebun Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama. Kebun yang kami bangun dengan luasan 6 x 12 meter, menggunakan tiang penyangganya adalah dari bata.

Untuk perkembangan pertama, kami mengalami kegagalan karena banyak bibit vanili yang mati karena kurang lembab dan juga tempat kami terlalu panas. Sehingga kami membangun sistem Green House yang hanya kami gunakan untuk penutup atas, agar tidak terlalu panas.

Saat ini kami juga mengembangkan bibit vanili, selain untuk kami tanam sendiri juga tidak sedikit orang yang membeli bibit tanaman vanili yang kami kembangkan. Kami juga mengembangkan tanaman lainnya untuk mendukung lahan yang kosong di bawah vanili/ samping kanan vanili dengan menanam tanaman Porang dan Juga tanaman Cabe.

Vanili yang kami tanam sekarang sudah berusia kurang lebih 4 Bulan dengan tinggi kurang lebih 2 meter seperti gambar diatas. Untuk mulai pembuahan tanaman vanili kurang lebih 2 tahun, semoga kedepan untuk tahun 2025 kami bisa panen vanili dengan maksimal.

Media Tanam Vanili

Tanaman vanili yang kami tanam menggunakan media tanam dari produk kami sendiri. Kami menggunakan produk media tanam siap pakai yang kami produksi dengan komposisi :

  1. Sekam Bakar.
  2. Tanah Subur.
  3. Kompos Kambing Murni sudah di Fermentasi.
  4. Dan bahan organik lainnya

Tanaman Vanili sering terserang penyakit Jamur dan juga hama sibut. Untuk serangan jamur kami menggunakan bahan olahan sendiri kami yang sudah tercampur dengan fermentasi kompos kambing, sehingga tanaman vanili kami sudah cukup aman dari serangan jamur karena kami menggunakan kompos kambing fermentasi olahan kami yang sudah ada pengurang jamur jahat.

Informasi lebih lanjut bisa berkunjung di tempat kami di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama atau bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. Terima kasih.

0 Response to "Kebun Vanili | Pupuktanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.