Merawat Tanaman Anggur Agar Subur dan Berbuah | Pupuk Tanaman

pupuktanaman.com - Kembali lagi di situs kami yang membahas terkait tentang pertanian dan kegiatan pertanian di Pusat Pelatian Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama yang berada di Kabupaten Magetan. Kali ini kami akan membahas tentang merawat tanaman anggur agar subur dan berbuah lebah sesuai pengalaman kami dalam merawat tanaman anggur di pekarangan rumah kami.

tanaman anggur
 

Tanaman anggur merupakan tanaman buah yang banyak ditanam di Indonesia dan cara penanaman dari tanaman anggur ini cukup mudah. Namun tidak semua tanaman anggur cepat berbuah sehingga membutuhkan perawatan intensif agar berbuah. Berikut ini cara merawat dari tanaman anggur agar dapat tumbuh subur dan berbuah lebat.

Penyiraman yang Teratur

Lakukan penyiraman 3 hari sekali, karena tanaman anggur merupakan tanaman yang jenuh air atau tidak suka dengan terlalu banyak air di media tanamnya. Penyiraman lebih baik dilakukan saat musim kemarau karena dimusim penghujan sudah terlalu banyak air. 

Dengan penyiraman yang teratur dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman anggur dan pembuahan dari tanaman anggur lebih maksimal.

Memberikan Pupuk yang Tepat

Pupuk yang tepat juga mendukung dari kesuburan tanaman anggur dan juga mempercepat tanaman anggur berbuah lebat. dalam pemberian pupuk ini, kami menggunakan kompos kambing yang sudah difermentasi yang kami produksi sendiri. Karena kompos kambing yang kami produksi dapat meminimalkan pertumbuhan jamur pada tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman anggur lebih maksimal.

Pemberian kompos kambing fermentasi ini kami lakukan sebulan sekali selama 6 bulan dan selanjutnya kami memberikannya 3 bulan sekali.

Mendapatkan Sinar Matahari

Pastikan tanaman anggur mendapatkan sinar matahari yang cukup, karena tanaman anggur memerlukan sinar matahari untuk proses pertumbuhan dan juga untuk memaksimalkan bunga tanaman anggur agar menjadi buah anggur yang lebat.

anggur magetan

Ph Tanah

Kita harus sering - sering cek PH media tanam dari tanaman anggur kita ini, setidaknya memiliki Ph Tanah diatas 5 agar kondisi tanah tidak terlalu asam dan juga tanaman anggur lebih kuat terhadap serangan penyakit/ hama tanaman.

Pemangkasan Batang

Pemangkasan tanaman anggur ini bertujuan agar tanaman anggur lebih fokus di pertumbuhan bunga dan buah dan juga pengendalian pertumbuhan anggur agar tidak menjalar kemana - mana.

Lakukan pemangkasan ini 3 bulan sekali, namun sebelum melakukan pemangkasan tanaman anggur, hentikan penyiraman tanaman anggur selama 2 hari, baru melakukan pemangkasan tanaman anggur. Tujuannya agar ketika selesai pemangkasan dan di siram dengan air, tanaman anggur dapat lebih cepat dan maksimal dalam pertumbuhan tunas - tunas baru dan bunga.

Informasi lebih lanjut dan bila ingin pendampingan dari kami maupun pelatihan tanaman anggur bisa kunjungi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama yang berada di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan atau bisa hubungi kami ditelp/wa 085735660673.

0 Response to "Merawat Tanaman Anggur Agar Subur dan Berbuah | Pupuk Tanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support