Pembutan Sekam Bakar | Pupuk Tanaman

 

sekam bakar

pupuktanaman.com - Sekam bakar merupakan hasil pembakaran dari kulit padi yang tidak sempurna atau setengah matang. Proses pembuatan sekam bakar ini cukup sederhana namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain membutuhkan waktu yang cukup lama juga membuat polusi udara dalam proses pembuatannya ini.

Pembuatan sekam bakar ini ada 3 cara yang kami ketahui dan semua ada sebab akibatnya, berikut ini cara pembuatan sekam bakar.

1. Metode di Goreng /Sangrai

Dalam metode pembuatan sekam bakar dengan cara di goreng/ sangrai ini berikut langkah - langkah pembuatannya.

1. Masukkan sekam kedalam toples gembreng/ kuali/ tong/ wajan

2. Panaskan tempat sekam bakar tersebut dengan api dari luar dan biarkan sampai sekam bakar sampai menghitam / menjadi arang, proses ini membutuhkan waktu cukup lama tergantung banyak sedikitnya sekam yang dibuat dan wadah dari pembuatan sekam bakar.

Proses ini membutuhkan waktu yang exstra karena harus menjadi perapian sampai api bisa memanaskan wadah sehingga membuat keluar asap dalam sekam dan kita harus stanbay cukup lama dan juga dalam proses pembuatan arang sekam ini cukup lama.

2. Cerobong Asap

Cara pembuatan sekam bakar dengan cerobong asap ini cukup sederhana dengan langkah - langkah berikut ini :

1. Tumpuk dan kumpulkan sekam menjadi gunung dan jangan lupa di bagian tengah tumpukan tersebut di beri pipa yang sudah di lubang i atau bisa menggunakan kawat rancang rancang yang dibuat melingkar kayak cerobong.

2. Masukkan api dalam cerobong pipa menggunakan kertas yang dibakar dan lakukan tersebut sampai keluar asap dari tengah cerobong pipa tersebut.

Proses ini membutuhkan waktu yang lama dan bisa di tinggal, namun proses ini membuat polusi udara karena asap yang dihasilkan cukup banyak dan prosesnya lama.

3. Dibakar dengan Api

Proses pembuatan dibakar dengan api ini seperti gambar diatas atau proses yang kami gunakan dalam proses pembuatan sekam bakar. Kami menggunakan proses ini karena lebih cepat dan hanya membutuhkan waktu maksimal  2 jam, sekaligus tidak menimbulkan polusi udara yang banyak / proses ini tidak menimbulkan banyak asap karena api selalu menyala dalam sekam bakar.

Jadi itu teman - teman 2 metode pembuatan sekam bakar yang kami ketahui, teman - teman bisa menggunakan cara yang mana dalam pembuatan sekam bakar. Informasi lebih lanjut dan bila ingin sharing - sharing bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673 atau bisa kunjungi situs resmi kami di www.qirama.com dan www.pupuktanaman.com.

0 Response to "Pembutan Sekam Bakar | Pupuk Tanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.