Menanam Terong Bagi Pemula | P4S Qirama


pupuktanaman.com - Terong merupakan tanaman sayur yang tidak asing bagi kita, pastinya teman - teman bila membeli ayam penyet atau makanan penyetan, sering jumpai ini dan pastinya kurang nikmat tanpa ada sambal terong.

Sayuran tanaman terong ini dapat diolah berbagai makanan, salah satunya menjadi sayur terong, sambal terong dan olahan makanan lainnya dari hasil sayuran terong ini. Tanaman terong ini bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis dan tidak mengenal musim bagi saya. 

Secara pengalaman kami pribadi saat menanam terong, kami tidak mengenal musim ketika menanam terong dan hasil dari buah terong cukup luar biasa untuk ukuran dari buah terong. Berikut ini contoh hasil buah dari tanaman sayuran terong yang kami tanam di lahan sempit tempat kami.


Jadi kami memiliki lahan uji coba/ percontohan untuk berapa jenis tanaman dengan menggunakan kompos dari produk kami dan media tanam kami. Dari lahan uji coba ini tidak sedikit orang yang berkunjung mengembangkan ke lahan pertaniannya dengan menggunakan teknik dari tempat kami.

Tempat kami merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama yang berada di Kabupaten Magetan. Jadi kami memiliki lahan untuk uji coba sebagai tempat pelatihan penggunaan lahan dan mengolah lahan menggunakan kompos kambing fermentasi dari tempat kami. 

Kami menyarankan memakai kompos kambing fermentasi sebagai pupuk tanaman guna untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia dan membantu masalah petani dalam kelangkaan pupuk kimia saat ini. Selain ada kompos kambing fermentasi, kami juga memiliki produk nutrisi tanaman cair yang digunakan sebagai obat semprot tanaman.

Cara Menanam Terong Bagi Pemula

Untuk memulai menanam tanaman terong, bisa kita membuat penyemaian sendiri dari biji, juga bisa kita membeli bibit yang sudah tumbuh. langsung saja untuk memulai menanam terong.
  1. Siapkan lahan untuk penanaman, lahan sudah kondisi di cankul dan di campur dengan kompos kambing fermentasi. Kondisi tanah sudah basah.
  2. Tanam bibit terong ke lahan yang sudah disiapkan tadi dengan jarak kurang lebih 30 - 40 cm.
  3. Siram sayuran terong selama 2 hari sekali.
  4. Sebar kompos kambing fermentasi 2 minggu sekali dan semprot nutrisi tanaman cair 3 minggu sekali/ saat daun kena hama.
  5. usia 20 hari, tanaman terong sudah mulai berbuah dan ada yg sudah siap di panen ada yang sudah ada namun belum matang.
Usia dari tanaman terong cenderung pendek teman - teman, namun dengan nutrisi tanaman cair produksi kami sendiri bisa memperpanjang usia dari tanaman terong ini. Kami dalam pembuatan nutrisi tanaman cair ini, mengandung jamur jakaba yang dimana fungsi dari jamur jakaba salah satunya adalah memperpanjang usia tanaman.

Sebenarnya cukup sederhana dalam penanaman tanaman sayuran ini, semua kunci dari tanaman ada di tanah yang subur, bila tanah subur maka semua tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Bila teman - teman lebih aman dalam menanam tanaman dan tidak takut sama hama, bisa gunakan sistem green house.

Bila teman - teman ingin mencoba perbandingan menanam tanaman terong, untuk order atau info tentang produk yang kami gunakan dalam pengolahan lahan, bisa hubungi kami ditelp/wa 085735660673 atau kunjungi situs resmi kami di www.qirama.com dan www.pupuktanaman.com.

0 Response to "Menanam Terong Bagi Pemula | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support