Pemberian Pupuk Granul Ke Lahan Sawah | Petani Organik

pupuktanaman.com - pupuk granul merupakan olahan dari kompos kambing yang sudah di fermentasi dan di campur dengan bahan organik lalu di proses menjadi bentuk butiran - butiran sehingga mempermudah petani dalam memupuk tanaman lahan sawah.


Pupuk granul ini merupakan salah satu produk dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama yang dimana implementasiannya kami khususkan untuk lahan pertanian lahan sawah. Pupuk Granul yang kami produksi baik digunakan untuk mengurangi keasaman tanah sehingga tanaman padi tidak asem - aseman atau daun menguning/merah.

Dalam pemupukan memakai granul ini, usia padi 14 hari setelah penanaman dilahan sawah, seperti pemberian pupuk pada umumnya. Dalam gambar ini terlihat lahan sawah kami cukup subur dan tanaman padi tumbuh hijau dan baik. 

Implementasian ini kami gunakan dilahan sawah/ padi organik. Kami tidak memakai bahan kimia sama sekali sejak awal penanaman. dengan kondisi masih hijau ini dengan usia 14 hari setelah penanaman di lahan sawah, kami sebar pupuk granul untuk mengurangi atau menghindari tanaman asem - aseman/ daun menguning.


Jadi untuk lahan sawah kami menggunakan pupuk full organik, baik saat awalan penanaman kami menggunakan kompos kambing fermentasi sebagai dasaran, dan ketika sudah tumbuh usia 14 hari kami pupuk menggunakan pupuk granul buatan sendiri. Untuk tahap selanjutnya adalah penyemprotan untuk belalang/ serangga, kami juga menggunakan cairan buatan kami sendiri dari bahan organik.

Lalu di usia 1 bulan, kami memberikan pupuk granul kembali ke lahan sawah kami dengan tujuan mengurangi keasaman tanah. Karena lahan sawah sering tergenang air, membuat tanah di lahan sawah menjadi asam, sehingga membutuhkan pupuk granul yang kami buat untuk menetralkan keasaman tanah.

Jadi fungsi dari pupuk granul yang di produksi unit usaha Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama sebagai penetral tanah yang mengalami asam karena seringnya terendam oleh air. Jadi rekomendasi kami untuk penggunakan pupuk granul kami untuk lahan berair atau lahan sawah.

Informasi lebih lanjut tentang usaha kami atau ingin order dari produk kami,bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. Atau bisa kunjungi alamat kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah mengikuti kegiatan kami.

0 Response to "Pemberian Pupuk Granul Ke Lahan Sawah | Petani Organik"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.