Aquaponik | Budidaya Tanaman dan Ikan

pupuktanaman.com- Kemarin saat kami mengikuti kegiatan manajemen kelembagaan P4S di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan. Kami lihat dan mempelajari sistem dari Aquaponik yang dimana kita bisa berbudidaya tanaman organik dan juga berbudidaya ikan.

Aquaponik itu sendiri merupakan kombinasi antara bertanam hidroponik dengan berbudidaya ikan atau aquakultur. Dengan Aquaponik tanaman dapat tumbuh subur dengan nutrisi yang berasal dari kotoran ikan dan ikan juga tumbuh dengan sehat, karena air terjaga dengan baik degan adanya penyaringan di tanaman hidroponik.

Seksama kami mempelajari dari sistem aquaponik ini, kita bisa memaksimalkan lahan yang ada, karena sistem dari aquaponik ini tumpang sari. Atas hidroponik tanaman dan bawah ada kolam ikan. Sehingga dalam 1 lahan bisa memiliki 2 jenis hal yang di panen, baik dari sayurana/tanaman dan juga hasil dari budidaya ikan.

Dengan memaksimalkan metode pertanian seperti ini/ aquaponik mungkin kita bisa memaksimalkan hasil pertanian dan perikanan. Sistem aquaponik cukup sederhana tidak membutuhkan biaya lebih dalam perawatannya. Karena tanaman mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan dan air ikan tidak sering mengganti karena sudah difilter dari penyaringan di akar tanaman yang tumbuh di hidroponik.

Teknik Aquaponik ini mudah diadopsi dan ditiru oleh masyarakat luas, bagi ditempat perkotaan yang tidak memiliki lahan dan ingin menanam dan memelihara ikan, mungkin teknik aquaponik ini bisa diadopsi karena tidak membutuhkan tempat yang luas.

Kami juga berharap untuk teknik aquaponik ini dapat dikembangkan ditempat Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama, sebagai contoh dari pemanfaatan lahan yang sempit dengan hasil maksimal dengan memiliki 2 hasil panen, baik dari panen tanaman dan juga hasil panen dari budidaya ikan. Tidak hanya ditempat kami yang akan mengembangkan namun kami berharap dapat dikembangkan dilingkup yang lebih luas karena meninggat lahan pertanian semakin lama semakin sempit dan jumlah penduduk semakin bertambah.

Mungkin sampai sini penjelasan dan pengalaman kami tentang pertanian sistem aquaponik, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk lebih kreatif dalam dunia pertanian khususnya. Terima kasih.

0 Response to "Aquaponik | Budidaya Tanaman dan Ikan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.