Cara Pruning Pembuahan Anggur | P4S Qirama

pupuktanaman.com - Hallo sobat petani, kembali lagi disitus/ blog dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Qirama. Kali ini kami akan berbagi pengalaman kami dalam pruning tanaman anggur, Kenapa tanaman anggur di pruning? Teknik pruning ini bertujuan untuk mempercepat proses tanaman anggur untuk berbunga dan berbuah, maka bila sobat bertanam anggur lama dan tidak berbuah, bisa gunakan cara pruning ini. 


Tempat kami merupakan tempat pelatihan petanian yang dimana untuk kegiatan usaha kami di bidang produksi kompos kambing fermentasi dan pupuk granul. Selain itu kami juga memiliki lahan ujicoba tanaman yaitu padi organik, kebun buah dan juga budidaya tanaman anggur. Maka dari itu, kami ingin berbagi pengalaman kami dalam hal merawat tanaman anggur ini.

Untuk jenis tanaman anggur di tempat kami, ada anggur lokal dan juga anggur import, dan untuk metode tanam kami ada 2, yaitu langsung di tanah dan juga metode dalam planterbag. Tidak sedikit juga petani anggur dan orang - orang ambil / memberli anggur import yang sudah kami tanam di planterbag, karena selain tidak memakan banyak tempat, juga sudah berbuah dalam planterbag. 

Selain itu juga, tempat kami juga membina dan juga melatih tentang budidaya anggur dan kami sudah membangun mitra mitra petani anggur dengan alumi yang sebelumnya berlatih di tempat kami. Jadi langsung saja untuk proses pruning di tempat kami.

Pruning Pembuahan Tanaman Anggur

Metode yang kami gunakan yaitu memotong cabang sekunder dengan sisa 1 - 2 ruas saja. dengan tujuan agar tanaman anggur cepat tumbuh lagi dan siap untuk di pruning lagi, dengan cara ini akan memaksimalkan tanaman anggur untuk panen berkali kali dalam 1 tahun. 

Mungkin itu sobat petani tentang pengalaman kami dalam metode pruning ditempat kami, sebenarnya banyak cara atau metode pruning tanaman anggur, tergantung dari kondisi tanaman dan juga kesuburan tanah menurut kami dalam penggunaan metode pruning ini.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami ditelp/wa 085735660673, atau juga bisa kunjungi alamat kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Untuk situs resmi kami di www.pupuktanaman.com dan www.qirama.com, Terima kasih.

0 Response to "Cara Pruning Pembuahan Anggur | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.