Proses Pembuatan Kompos Kambing Fermentasi | QIRAMA

Kompos kambing merupakan kotoran kambing yang sudah di olah sehingga ketika digunakan sebagai pupuk tanaman, tidak membuat tanaman mati/ panas. Karena kotoran kambing yang tidak diolah membuat tanaman panas, terutama kotoran yang baru. Namun bila kita memupuk tanaman menggunakan kotoran kambing yang sudah lama, tidak membuat tanaman mati.

Kotoran kambing yang langsung di pakai, memicu tumbuhnya rumput karena dalam pakan ternak kambing biji / benih rumput bergabung dengan kotoran kambing, sehingga ketika langsung di pakai tanpa di olah akan membuat tanaman rumput tumbuh banyak. Namun bila sudah melalu proses pengolahan membuat benih benih rumput mati 99%, sehingga dikit rumput yang tumbuh.

Bahan Pembuatan Kompos Kambing

Jadi cara pembuatan kompos kambing di tempat kami cukup sederhana teman – teman, kami menggunakan bahan – bahan berikut ini dalam pembuatan kompos di tempat kami:

  1. MOL (Mikro Organisme Lokal) / POC (Pupuk Organik Cair) Untuk MOL ini kami membuat sendiri dari bahan bahan hayati yang kami rendam kurang lebih selama 1 bulan untuk menghasilkan MOL yang berkualitas.
  2. Tetes Tebu / Gula, Kami menggunakan tetes tebu untuk memperbanyak MOL, semakin banyak maka akan mempercepat proses fermentasi kompos dan kompos akan tinggi unsur haranya.
  3. Air, Digunakan untuk membuat cairan fermentasi dengan mencampurkan MOL, Tetes dan Air.
  4. Tong Air, Digunakan untuk menampung air fermentasi sebelum di siramkan ke kotoran kambing yang belum di olah.

Cara Pembuatan Kompos Kambing

Dalam pembuatan kompos kambing ini cukup sederhana teman – teman, namun bila nanti kurang jelas bisa tinggalkan komentar atau bisa kunjung ke tempat produksi kami. Berikut ini cara pembuatan kompos kambing berkualitas :

  • Hancurkan kotoran kambing sampai halus, bisa menggunakan mesin penggiling atau di pukul/ di tumbuk. Kenapa harus di hancurkan? Untuk mempercepat proses fermentasi kompos itu sendiri namun bila tidak di hancurkan juga tidak apa apa namun prosesnya 1 sampai 2 bulan baru bisa digunakan.
  • Tuangkan air ke dalam tong Air sebanyak 150 liter lalu campurkan MOL sebanyak 1 Liter dan Tetes Tebu 500ml, Aduk secara merata dan tetes tidak mengumpal.
  • Diamkan air yang sudah di campur MOL, Tetes dan Air tadi selama 1 Malam agar mikro organisme bekembang banyak.
  • Setelah air fermentasi jadi, bisa langsung siram ke kotoran kambing / Kotoran kambing yang sudah di hancurkan tadi secara merata.


  • Untuk tempat fermentasi kotoran kambing bisa di taruh di terpal kolam atau juga bisa di taruh tong, lalu di tutup rapat.
  • Proses Fermentasi kurang lebih 2 minggu bagi kotoran kambing yang sudah dihancurkan dan untuk kotoran yang tidak di hancurkan biasanya kurang lebih 1 bulanan.

Jadi itu teman – teman proses dari pembuatan kompos kambing fermentasi di tempat kami,bila kurang jelas bisa tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami ditelp/wa 085735660673 atau bisa berkunjung dialamat produksi kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Untuk situs resmi kami www.qirama.com dan pupuktanaman.com, terima kasih sudah berkunjung disitus kami ini.

0 Response to " Proses Pembuatan Kompos Kambing Fermentasi | QIRAMA"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support