Budidaya Tanaman Vanili | Pupuk Tanaman

pupuktanaman.com - vanili merupakah salah satu jenis tanaman yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tanaman vanili sering disebut sebagai emas hijau karena memiliki harga yang cukup fantatis relatif tinggi. Dengan harga yang cukup tinggi tentunya tanaman vanili dalam budidayanya membutuhkan perawatan maupun pendampingan yang cukup ekstra.

Vanili

Budidaya Tanaman Vanili

Sahabat petani, kali ini kami akan berbagi pengalaman kami dalam perawatan maupun membudidayakan tanaman vanili. Kami memproduksi kompos kambing fermentasi, media tanam siap pakai, granul, sekam bakar dan nutrisi tanaman cair. Dalam artikel ini kami berbagi pengalaman mengimplementasikan media tanam kami pada tanaman vanili.

Tanaman vanili merupakan jenis tanaman yang cukup rawan terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu kami memakai media tanam yang berkualitas dengan campuran sekam bakar yang cukup banyak. Kita ketahui sekam bakar dapat meresap racun dalam tanah serta membantu mempercepat pertumbuhan akar tanaman. Maka dalam penanaman vanili ini perlu media tanam dengan campuran sekam bakar yang cukup banyak.

Tanaman vanili juga rawan terhadap jamur, maka kami memberikan nutrisi tanaman cair buatan kami sendiri dengan penyiraman 2 minggu sekali untuk mengurangi pertumbuhan jamur jahat. Ketika vanili tumbuh, ada hama lain seperti ulat, keong dan lain lain, kami antisipasi dengan cara manual serta menyiram / semprot dengan nutrisi tanaman cair yang kami buat.

Jadi hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman vanili ini adalah sebagai berikut ini :
  • Racun dalam media tanam
  • Jamur dalam media tanam
  • Hama ulat, keoang dan lain lainnya.
  • Serta suhu atau tempat yang cukup lembab tidak terlalu panas.
Semoga artikel ini bermanfaat teman - teman, bila ingin sharing - sharing lebih detail bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. Terima kasih tetap di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama.

0 Response to "Budidaya Tanaman Vanili | Pupuk Tanaman"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.