Budidaya Sayuran Di Lahan Sempit | Hasil Melimpah

pupuktanaman.com - Sayuran merupakan salah satu makanan yang sering kita makan, bahkan menjadi kebutuhan konsumsi setiap hari. Kali ini kami akan membahas tentang cara budidaya sayuran di lahan yang sangat sempit, kenapa kami bilang sangat sempit, karena hanya membutuhkan ruang yang kecil.

Teknik penanaman sayuran ini dengan cara tanam vertikal. Kami menemukan contoh teknik budidaya tanaman sayur sawi ini ketika kami mengikuti pelatihan di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketidan Malang. Seperti gambar di bawah ini merupakan foto/ gambar teknik penanaman/ budidaya tanaman sayur dengan cara vertikal.

Adapun alat dan bahan dalam pembuatan atau budidaya sayur vertikal ini antara lain :

1. Tong

2. Paralon

3. Tanah/Kompos/ Media Tanam

4. Bibit Sawi.

Langkah - Langkah Pembuatan Media Tanam Budidaya Sayuran

1. Beri lubang lubang kecil pada tong dengan diameter kurang lebih 10 cm
2. Beri lubang kecil kecil pada paralon, yang berfungsi sebagai tempat penyiraman air dan lubang - lubang akan menjadi penghantar air ke tanah/ media tanam.
3. Masukkan paralon yang sudah di beri lubang ke dalam tong dan tepatkan di tengah, lalu beri media tanam di sekeling paralon sampai memenuhi tong.
4. lalu tanam bibit sayuran sawi pada permukaan tong yang sudah di beri lubang tadi.

Dengan metode menanam seperti ini, selain menghemat lahan pertanian juga bisa memaksimalkan hasil panen dari tanaman sayur ini. Bahkan pertumbuhan tanaman ini hampir sama dengan cara menanam sayuran dengan cara horizontal.

Semoga informasi dan artikel ini bisa menjadi gambaran bagi teman - teman yang ingin menanam sayuran namun kekurangan lahan, bisa menggunakan alternatif seperti teknik penanaman vertikal ini. Mungkin itu pembahasan sekilas tentang budidaya sayuran dilahan yang sempit dengan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "Budidaya Sayuran Di Lahan Sempit | Hasil Melimpah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.