Budidaya Jamur Jakaba | P4S Qirama

pupuktanaman.com - halo sobat petani, tahukah kamu tentang apa itu jamur keberuntungan / jamur jabaka? Kenapa jamur jabaka disebut dengan jamur keberuntungan? Jamur jakaba merupakan jamur yang muncul ketika proses pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dan kenapa bisa disebut jamur keberuntungan? karena untuk menumbuhkan jamur jakaba ini tergantung dari keberuntungan.


Jamur jakaba merupakan jenis jamur mungkin terdengar baru untuk dunia pertanian karena banyak petani yang belum mengetahui tentang jamur jakaba/ jamur keberuntungan ini. Namun jamur jakaba ini memiliki kaya manfaat bagi tanaman yang dimana manfaat dari jamur jakaba ini antara lain.

Mempercepat pertumbuhan tanaman kerdil

Tidak sedikit kasus kita jumpai di bidang pertanian, yang dimana pertumbuhan tanaman satu dengan lainnya tidak sama, bahkan ada tanaman yang lama tidak tumbuh tumbuh/ tanaman kerdil. Ketika kita menjumpai tanaman kerdil/ pertumbuhan kurang maksimal, dengan mengaplikasikan jamur jabaka ini ketanaman, akan mempercepat pertumbuhan tanaman tersebut.

Mengendalikan serangan fusarium

Serangan fusarium merupakan serangan dari salah satu jenis jamur patogen yang pada umumnya dapat membuat tanaman menjadi layu dan lama - lama akan membuat tanaman mati. Serangan fusarium biasanya menyerang tanah dan juga tanaman. Jadi untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan jamur jakaba ini dalam mengemdalikan serangan fusarium.

Memperpanjang umur tanaman

Pada umumnya tanaman memiliki umur pertumbuhan berbeda beda, ada yang berumur setelah mengalami/ panen buah, tanaman langsung mati ada juga yang berumur pendek. Seperti halnya tanaman rati atau tanaman terong yang memiliki umur yang tidak terlalu lama, bisa menggunakan jamur jakaba ini untuk memperpanjang umur dari tanaman tersebut.

Di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Qirama juga mengembangkan jenis jamur jakaba ini untuk dicampurkan dengan kompos kambing fermentasi yang kami buat, dengan tujuan menghasilkan kompos kambing yang memiliki kualitas unggul dan juga meningkatkan hasil pertanian organik. Selain Jamur Jakaba, kami juga mengembangkan Jamur Trichoderma.

0 Response to "Budidaya Jamur Jakaba | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.