Sebelum Nandur / Menanam Padi | Qirama

pupuktanaman.com - hari ini senin 11 Maret 2022, kami akan melaksanakan salah satu kegiatan pertanian yang ada di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Qirama. Tempat kami beralamat di Desa Tladan, Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Kami membangun pertanian organik dengan menanam lahan sawah menggunakan pupuk atau bahan pemeliharaan dengan bahan organik yaitu dengan kompos kambing fermentasi dan granul produksi tempat kami.

Pemeliharaan Sebelum Nandur / Menanam Padi

Nandur atau menanam padi merupakan kegiatan petanian untuk menghasilkan hasil panen padi yang kemudian buah dari tanaman padi lebih kita kenal dengan nama beras. Beras lalu di olah menjadi nasi, dimana setiap hari kita memakannya untuk kebutuhan sehari hari. Tanaman padi merupakan tanaman pokok, maka perlu halnya kita menghargai para petani dalam menghasilkan padi dan beras yang berkualitas untuk kebutuhan pokok kita sehari hari.

Kami akan menjelaskan tentang cara atau bagaimana cara bertanam tanaman padi di tempat kami. Mungkin untuk cara kami seperti cara para petani lainnya, namun kami menambahkan cara pemupukan dengan pemberian kompos sebelum di luku dan di beri kompos lagi setelah di luku. 

Dalam proses penanaman, lahan sawah yang akan ditanami padi, terlebih dahulu harus di genangi air selama 2 hari seperti gambar di atas. Tujuan dari pengenangan tersebut adalah mengurangi tanaman rumput untuk tumbuh, sehingga kompos yang akan di berikan ke tanaman padi, dapat maksimal diserap oleh tanaman padi.

Bila dalam pengenangan air ini mengalami surut, maka perlu di genangi kembali. Kiranya lahan sudah siap untuk ditanami padi, maka air yang mengenang bisa dibuka/ disurutkan, dengan tujuan agar mudah dalam penanaman tanaman padi. Jadi untuk nandur/ menanam padi di lahan sawah itu seperti hal diatas teman - teman. Sama dengan menanam padi pada umumnya, yang membedakan yaitu dalam pemberikan kompos sebelum di luku dan setelah di luku.

Mungkin itu teman - teman dalam kegiatan kami nandur / menanam padi organik. Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673 atau bisa kunjungi alamat kantor kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Terima Kasih.

0 Response to "Sebelum Nandur / Menanam Padi | Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support