Manfaatkan Limbah Ternak Kambing Menjadi Kompos Kambing

pupuktanaman.com - Limbah ternak kambing atau kotoran kambing merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi tanaman, terutama bila kita bisa mengolahnya dengan maksimal. Unsur hara yang terdapat dalam kotoran ternak kambing sangatlah tinggi, sehingga bila kita bisa maksimalkan atau mengolah limbah ternak dengan baik akan menghasilkan kompos yang bermutu tinggi.

Pengalaman pribadi kami ketika memulai menggunakan kompos kambing sebagai pupuk organik di lahan sawah ataupun untuk kebun buah buahan kami, hasil tidak diragukan. Selain tanaman dapat tumbuh dengan subur, juga mempercepat tanaman buah untuk berbunga dan berbuah sangat lebat.

Lalu bagaimana cara memproses limbah ternak kambing menjadi kompos kambing yang bermutu tinggi? Pastinya dengan cara fermentasi yang sempurna. Tidak sedikit orang sharing dan bertanya ke kami tentang cara fermentasi yang sempurna, karena kualitas hasil fermentasi tempat kami dengan mereka yang mencoba fermentasi, hasilnya berbeda.

Membuat Kompos Kambing

Dalam pembuatan kompos kambing di tempat kami, semua bahan kami produksi sendiri dan kami olah sendiri. Baik MOL yang kami gunakan dari buah - buahan, penambahan bahan bahan lain seperti jamur yang bagus untuk tanaman dll. Kami menggunakan bahan - bahan tersebut, sehingga menghasilkan kompos yang berbeda dengan lainnya, walau prosesnya sama sama di fermentasi namun kandungan fermentasi juga memengaruhi hasil kompos. 

Tidak sedikit orang yang order dan kembali lagi membeli kompos kami karena hasil kualitas dari kompos kami cukup bagus untuk di aplikasikan ke semua tanaman dan mengurangi biaya perawatan tanaman.

Informasi lebih lanjut atau ingin sharing - sharing juga bisa hubungi kami langsung di telp/wa kami 085735660673, atau bisa kunjungi tempat produksi kami di Desa Tladan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan. Bisa cek di google map di P4S Qirama atau Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Qirama Magetan.

Terima Kasih sebelumnya sudah membaca arikel kami.

0 Response to "Manfaatkan Limbah Ternak Kambing Menjadi Kompos Kambing"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.