Pembuatan Sekam Bakar | P4S Qirama

pupuktanaman.com - Sekam bakar merupakan hasil pembakaran dari kulit padi yang tidak sempurna, sehingga menjadi arang. Sekam bakar juga disebut dengan arang sekam, karena teksturnya seperti arang. Sekam bakar sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesuburan tanah.

Sekam bakar memiliki banyak manfaat bagi tanah maupun tanaman. Maka tidak heran banyak orang yang hobby menanam sering memakai sekam bakar untuk menjadi media tanamnya. Pembuatan dari sekam bakar ini cukup sederhana namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam pembuatan sekam bakar ini tidak boleh terlalu lama dalam proses pembuatannya karena bila terlalu lama akan menjadi abu.

Dalam pengalaman kami dalam membuat sekam bakar, untuk memakai mesin blower, membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dalam pembuatan sekam bakar. Bila memakai cerobong, membutuhkan waktu kurang lebih 6 - 8 dalam pembuatan sekam bakar ini agar tidak menjadi abu. Untuk waktu itu, untuk membakar kulit padi sejumlah 10 karung ayam 50kg. Semakin banyak, juga akan semakin lama proses pembuatannya.

Berikut ini contoh hasil dari pembuatan sekam bakar yang ada ditempat kami, dimana kami dalam pembuatan sekam bakar sekarang menggunakan mesin blower agar lebih cepat pembuatannya. 


Informasi lebih lanjut tentang pembuatan sekam bakar atau ingin pesan sekam bakar kekami,bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. Atau bisa kunjungi langsung alamat produksi kami di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Qirama, Desa Tladan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

0 Response to "Pembuatan Sekam Bakar | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.