Pemantauan Lahan Binaan P4S Qirama di Sukomoro Magetan

pupuktanaman.com - Hari ini 01 Januari 2022, diawal tahun ini sambil jalan - jalan kami melakukan pemantauan secara berkala di lahan - lahan binaan dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) QIRAMA. Hari ini kami memantau dari Karas Magetan di peternakan kambing lalu ke Sukomoro Magetan di lahan tanaman Buah/ Kebun Buah dan terakhir pemantauan di Kebun Anggur di Ngariboyo Magetan.


Dilahan kebun buah sukomoro kami memantau perkembangan tanaman buah yang baru kami tanam kurang lebih selama 2 bulan berjalan ini di lahan awal adalah lahan sawah dan lahan tersebut tergenang air terus. Dalam pemantauan ini tidak ada tanaman yang mati dan bahkan ada sebagian tanaman buah yang sudah muncul bunga nya, yaitu tanaman kelengkeng dan tanaman belimbing.

Dalam pemantauan tanaman tersebut, kami juga mengecek aliran irigasi air dilahan tersebut, karena lahan yang selalu becek, membuat tanaman sulit hidup karena kelebihan air. Kami pantau irigasi dan saat ini sudah waktunya lagi membuat irigasi lagi/ membenah i jalur irigasi agar tanaman tetap hidup dan tumbuh dengan maksimal.

Selain saluran irigasi, kami juga memantau pertumbuhan rumput di sekitar tanaman buah. Kami coba untuk membersihkan rumbuh di sekitar tanaman buah dengan tujuan agar nutrisi dalam tanah/ kompos lebih maksimal di serap oleh tanaman buah. 

Kami juga mencoba memaksimalkan rumbuh yang tubuh untuk mengurangi kelembapan tanah di sekitar tanaman dengan teknik dan sistem tanam kami dari P4S Qirama. Karena rumput juga bisa digunakan dan dimaksimal juga fungsinya di lahan yang kelebihan air seperti tempat ini.


Dari keseluruhan kegiatan pemantauan ini, hanya kurang pembersihan rumput di sekitar tanaman dan pembenahan saluran irigasi air untuk di lahan kebun buah di Sukomoro Magetan. Hasil pemantauan pemantauan ini kami sampaikan ke pengelola lahan dan juga kami turut membantu untuk pengembangan lebih lanjut. Agar kebun buah ini bisa menghasilkan panen semua dari beberapa jenis tanaman buah yang di tanam.

Informasi lebih lanjut tentang Pusat Pelatihan Petanian dan Perdesaan Swadaya Qirama bisa hubungi kami di telp/ wa 085735660673 atau bisa berkunjung ke tempat kami di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. 

0 Response to "Pemantauan Lahan Binaan P4S Qirama di Sukomoro Magetan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.