Cara Fermentasi Kulit Padi Untuk Media Tanam

pupuktanaman.com - Halo teman - teman sobat petani dimanapun kalian berada, di artikel kali ini kami berbagi ilmu tentang cara fermentasi kulit padi unuk media tanam tanaman siap tanam.

Jadi ini merupakan salah satu produk kami di awal tahun 2022, kami memproduk ini dari hasil permintaan dari pelanggan kami yang mencari sekam padi mentah namun suda difermentasi. Karena awalnya kami hanya ada sekam padi yang sudah dibakar yang warna hitam.

Lalu bagaimana cara proses pembuatan kulit padi fermentasi ini? Berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat kulit padi fermentasi.

Alat yang harus disiapkan

  • Plastik besar yang digunakan sebagai wadah kulit padi yang akan di fermentasi.
  • Ember, yang digunakan sebagai tempa cairan fermentasi.
  • Dayung, yang digunakan untuk mempermudah menyiramkan air fermentasi ke kulit padi.
Bahan yang digunakan
  • Em4 /MOLbuatan sendiri
  • Air Bersih
  • Kulit padi mentah/ bahan utama
Cara Fermentasi Kulit Padi
  1. Masukkan air bersih 10 liter ke dalam ember dan tambahkan Em4 10 tutup atau bila gunakan MOL buatan sebanyak 1/2 liter MOL, lalu aduk secara merata dan tunggu selama 1 jam.
  2. Kulit padi yang masih mentah kita siram dengan air fermentasi yang sudah kita buat di awal tadi secara merata dan kita aduk aduk biar air fermentasi meresap di kulit padi.
  3. Lalu dalam kondisi masik basah, bisa dimasukkan dalam plastik yang sudah kita siapkan tadi dan ikat dengan kencang dan tunggu proses fermentasi padi kurang lebih 2 minggu setelah pembuatan kulit padi fermentasi ini.

Setelah 2 minggu bisa kita buka dan kita gunakan sebagai campuran membuat media tanam untuk tanaman. Jadi itu teman - teman cara membuat kulit padi fermentasi, bila kurang jelas bisa telp/wa 085735660673.

Informasi lebih lanjut juga bisa kunjungi alamat kami di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Qirama di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Mungkin itu dulu informasi yang kami bagikan, semoga bermanfaat dan nantikan informasi informasi lainnya seputar kegiatan petanian kami. Terima kasih.

0 Response to "Cara Fermentasi Kulit Padi Untuk Media Tanam"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.