Lahan Sawah Menjadi Perkebunan Buah | Sukomoro - Magetan

pupuktanaman.com - Halo teman - teman, di kali ini saya sharing tentang kegiatan kami dimana kami diminta untuk membuat lahan sawah menjadi lahan kebun bermacam - macam buah. Untuk kondisi lahan ini seperti ada sumber airnya karena lahannya basah terus dan air mengenang. Pemilik lahan berkata bila lahannya dibuat untuk sawah memiliki hasil panen yang sedikit. Coba ditanami tanaman sering mati.

Dari kasus diatas kami mencoba survei lokasi lahan tersebut yang berada di Desa Kentangan, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Kami melihat bahwa lahannya tergenang air dan irigasi saluran air juga kurang maksimal. Lalu bagaimana cara kami mengolah lahan tersebut agar bisa di tanami berbagai macam tanaman buah.

Lahan Sawah Menjadi Kebun Buah

Bagaimana cara membuat lahan yang selalu tergenang air menjadi lahan yang bisa ditanami tanaman buah. Pastinya hampir semua tanaman buah akan mati bila terlalu banyak air dalam tanah/ media tanamnya. Langkah bagaimana yang seharusnya kami ambil agar dapat merubah fungsi dari lahan tersebuat dan bisa ditanami tanaman keras. 

Untuk pertama yang kami ambil adalah dengan melihat terlebih dahulu saluran irigasi. Karena saluran irigasi kurang maksimal, kami membuat saluran irigasi dengan minimal kedalaman saluran irigasi yang kami buat adalah 50 cm kedalamannya, dengan tujuan agar tanah tidak terlalu lembab. Namun setelah kami membuah saluran irigasi seperti itu, tanah masih terlalu lembab dan air keluar terus dari tanah tetapi tidak ada air yang mengenang seperti sebelumnya.

Lalu bagaimana langkah yang harus diambil selanjutnya agar tanaman dapat ditanam dilahan seperti itu. Kami menggunakan salah satu produk kami yang mampu mengemburkan tanah dan air bisa segera turun. Kami menggunakan sekam yang sudah dibakar untuk membuat pori pori pada tanah yang akan ditanami tanaman agar air tidak terlalu menggenang dibatang tanaman dengan dibuat agak naik/ dibuat gunung - gunung kecil.


Dapatkah Tanaman Buah Hidup dan Berkembang

Dengan menggunakan sistem tanam ditempat kami, kemarin sudah genap 2 minggu usia tanaman sejak di tanam, sudah mulai muncul daun yang menandakan tanaman sudah hidup. Jumlah penanaman 52 tanaman keras, semua hidup tanpa ada yang mati. Itu menunjukkan sistem penanaman ditempat kami cukup bagus kerena tidak ada tanaman yang mati dalam penanaman tersebut. Bahkan ada tanaman yang sudah mulai muncul bunga, karena ada beberapa tanaman yang kami tanam sudah siap berbuah.

Mungkin itu sedikit berbagi cerita dari kami tentang merubah lahan sawah menjadi lahan perkebunan buah yang memiliki kasus tanah yang selalu lembab dan tergenang air terus. Informasi lebih lanjut tentang kami bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673.

0 Response to "Lahan Sawah Menjadi Perkebunan Buah | Sukomoro - Magetan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support