Lama Pengomposan Limbah Kotoran Kambing

pupuktanaman.com - Limbah kotoran kambing merupakan salah satu masalah yang cukup serius untuk peternakan kambing. Limbah kotoran kambing ini bila lama - lama di kandang akan membuat ternak mudah terserang penyakit, selain itu juga memiliki bau yang tidak sedap. Oleh karena itu dari limbah kotoran kambing itu bisa kita olah menjadi kompos yang sangat bagus untuk segala jenis tanaman.

Lalu bagaimana cara mengolah limbah kotoran kambing tersebut dan berapa lama pengomposan kotoran kambing?

Limbah kotoran kambing merupakan limbah yang cukup sulit diolah dan juga lama dalam proses pembuatan komposnya bila kita gunakan cara manual. Karena limbah kotoran kambing itu memiliki slaput di sekitaran kotoran yang dimana membuat kotoran tidak mudah pecah, maka tidak heran bila kita sebar kotoran kambing ke lahan tanpa di olah akan membuat tanaman panas dan juga bentuk dari kotoran kambing tidak hancur walau sudah kena air dan panas.

Jadi dalam pengolahan kotoran / limbah kotoran ternak kambing ini hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menghancurkan atau membuat kotoran kambing pecah. Teman - teman bisa menggunakan mesin penghancur kompos maupun dengan cara di injak injak, yang penting pecah. Karena slaput dari kotoran kambing walau sudah di campur dengan cairan fermentasi tetap banyak yang masih bentuk bulat.

Bila saya dulu sebelum memakai mesin penghancur, saya dulu masukkan kotoran kambing ke dalam tong sedikit sedikit sambil saya tumbuk, sekiranya kotoran sampai gepeng/ pecah. Sambil saya campur dengan bahan fermentasi.

Untuk bahan fermentasi ini akan memperngaruh lamanya pengomposan kotoran kambing. Kotoran kambing yang sudah difermentasi akan sedikit muncul rumput, bibit rumput 99% mati bila sudah melalui proses fermentasi. Untuk bahan fermentasi ini kami menggunakan MOLbuatan kami sendiri, dimana lama dari proses pengomposan ini 1 minggu, namun lebih maksimal kami tetap fermentasi selama 2 minggu baru kami packing/ tetap kami timbun bila ada orderan baru kami kemas dan kirim ke pelanggan kami.

Rata - rata lama pengomposan menggunakan bahan fermentasi lainnya yang kami beli di toko toko untuk lama fermentasi kurang lebih 2 - 4 minggu lama pengomposan. Lebih cepat memakai MOL buatan sendiri, karena MOL buatan sendiri mengandung Mikro Organisme yang cukup banyak sehingga mempercepat proses fermentasi.

Jadi kurang lebih begitu teman - teman untuk cara mengolah dan lamanya proses fermentasi dari limbah kotoran kambing. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentarnya teman - teman. Bila ingin pembahasan tentang cara dari awal sampai akhir, bisa tinggalkan komentar di bawah ini. informasi lebih lanjut bisa juga kunjungi situs resmi kami di www.qirama.com dan www.pupuktanaman.com.

0 Response to "Lama Pengomposan Limbah Kotoran Kambing"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.