Manfaat Sekam Bakar untuk Tanaman


pupuktanaman.com - kulit padi merupakan salah satu limbah pertanian yang sering kita abaikan namun kulit padi ini bisa diolah menjadi nutrisi yang baik bagi tanaman. Kali ini pupuktanaman.com akan membahas tentang manfaat dari sekam bakar dari kulit padi untuk tanaman. Dalam kegiatan ini, di tempat kami juga menggunakan sekam bakar sebagai campuran pembuatan media tanam.
Adapun manfaat dari sekam bakar dari kulit padi adalah sebagai berikut ini :

Mengikat unsur hara pada tanaman

sekam bakar padi dapat dimanfaatkan sebagai penggembur tanah namun juga bisa di manfaatkan sebagai pengikat unsur hara tanaman. Setiap sekam bakar memiliki pori pori yang digunakan sebagai penyerat unsur hara/ mengikat unsur hara, ketika unsur hara di serap dengan baik maka ketika di siram unsur hara tidak larut.
Namun lebih baiknya sekam bakar ini dicampur dengan pupuk buatan agar nutrisinya semakin meningkat dan membuat tanaman tumbuh dengan subur.

Memperbaiki tingkat keasaman pada tanah

Sekam bakar kulit padi ini memiliki nilai Ph yang cukup tinggi di sekitaran 8,5 sampai dengan 9.0. Tentunya hal ini sangatlah baik dalam memperbaiki unsur hara tanah dan juga memperbaiki keasaman pada tanah dan mampu meningkan Ph tanah.
Selain itu kandungan dari sekam bakar dapat/ mampu memperkuat daun, sehingga membuat daun - daun lebih tegak dan membuat tanaman tahan akan penyakit/ serangan penyakit.


Mengisolasi penyakit dan menyerap racun pada tanaman

Pemberian sekam bakar dalam media tanam dapat mengisolasi  dan menyerap racun pada tanaman, karena sekam bakar dapat berguna sebagai absorban dalam menekan beberapa mikroba patogen yang merugikan tanaman.
Sehingga sekam bakar dapat digunakan sebagai/ mampu mengurangi/ mengatasi penyakit tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme berupa virus, bakteri dan jamur.

Berguna untuk mengatasi tanah rusak

Pemanfaatan sekam bakar dapat mengatasi kerusakan tanah yang di karenakan oleh bahan kimia atau tanah yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia sehingga membuat tanah rusak.

Menjaga struktur tanah agar tetap gembur

Dalam suatu kasus dengan terjaganya struktur tanah agar tetap gembur membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik dan lebih maksimal. 
Oleh karena itu salah satu fungsi dari sekam bakar sebagai pengikat unsur hara dimana unsur hara tetap terjaga dan mampu di serap akar tanaman dengan baik. Selain itu karena memiliki pori pori membuat akar tanaman mudah tumbuh dan berkembang cepat, sehingga dalam penyerapan unsur hara lebih maksimal.

Mungkin itu teman teman dalam pembahan manfaat sekam bakar untuk tanaman, informasi lebih lanjut tentang kami atau ingin pesan sekam bakar, bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. bisa datang ke alamat produksi kami di Timur Balai Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.

0 Response to "Manfaat Sekam Bakar untuk Tanaman "

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.