Tanaman Kopi Robusta | P4S Qirama

pupuktanaman - Sobat qirama, tahun ini 2022 tanaman kopi kami mulai berbunga dan sebentar lagi akan berbuah, dengan awal penanaman kami di tahun 2020. Tanaman kopi yang kami tanaman berjenis kopi robusta.

Kopi Robusta

Salah satu jenis kopi yang saat ini banyak diminati oleh pemuda saat ini adalah jenis kopi robusta. Jenis kopi robusta ini dapat tumbuh didataran rendah dengan ketinggian 400 - 800 mdpl. Kopi robusta memiliki tingkat kekentalan yang kuat. 

Kopi robusta dapat tumbuh di daerah tropis yang basah, dengan masa berbuah di usia sekitar 2 - 5 tahun dari penanaman tanaman kopi robusta ini. Untuk tanaman kopi yang kami tanaman memiliki usia sekitar 2 tahun sudah mulai berbunga seperti gambar diatas.

Kopi robusta memiliki cita rasa seperti kacang - kacangan, lebih pahit dan agak kasar di banding kopi jenis arabika. Dan kopi robusta memiliki bentuk yang lebih kecil di banding dengan kopi jenis arabika.

Dalam penanaman kopi ini, kami hanya memupuknya menggunakan kompos kambing fermentasi produksi kami sendiri dengan jangka pemberian pupuk berkali, 2 bulan sekali saat awalan dan ketika sudah berusia 1 tahun kami mulai jarang memberikan pupuk, hanya 5 bulan sekali.


Kami tertarik menanam tanaman kopi ini sebagai produk / kopi yang akan kami branding dengan nama qirama karena tempat kami merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama. Oleh karena itu kami membutuhkan tanaman kopi sebagai pelengkap ketika kami melakukan pelatihan di kebun pertanian kami maupun saat kegiatan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama.

Untuk alamat kami di Desa Tladan, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, telp / wa kami 085735660673. Untuk alamat website/ situs resmi kami di www.pupuktanaman.com dan www.qirama.com. Terima kasih sudah sempatkan membaca artikel dan kegiatan pertanian kami.

0 Response to "Tanaman Kopi Robusta | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.