Petani Muda Magetan | Petani Organik

pupuktanaman.com - Beberapa pekan yang lalu, tempat kami kedatangan tamu dari media - media onlina yang ada di Kabupaten Magetan untuk meliput dan melihat dari produksi kegiatan usaha kami maupun lahan pertanian kami. Kami mendapatkan kunjungan dari media dengan tema Petani Muda, karena kami / saya pendiri dan juga pengelola dari produksi kompos kambing, media tanam siap pakai, granul, nutrisi tanaman cair dan juga lahan sawah organik, perkebunan adalah masih termasuk pemuda.


sumber : https://rasifm.co.id/pemuda-di-magetan-manfaatkan-kompos-buatannya-untuk-mengurangi-ketergantungan-pupuk-kimia-yang-mampu-hasilkan-produk-pertanian-organik/


Saya pribadi sering di sapa dengan nama Yongky dengan usia saya saat ini di tahun 2022 adalah 27 tahun. Saya pribadi bekerja di lingkup pemerintah daerah dan juga membangun usaha pertanian di tempat saya tinggal. Karena kegiatan pertanian saya dan juga tidak sedikit mahasiswa yang berkunjung untuk belajar untuk mengolah kotoran ternak, akhirnya saya mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya di Kabupaten Magetan dengan Nama QIRAMA. 

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Qirama sudah di klasifikasi oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2021 dengan kelas PRATAMA. Kami tergolong baru terjun di bidang pertanian, kami mulai usaha dan pengembangan di bidang pertanian ini sejak tahun 2018 yang tergolong baru. Kegiatan pertanian ini kami buat ketika saya baru lulus kuliah dari perguruan tinggi.

sumber : https://kominfo.magetan.go.id/wp/tekun-bagi-ilmu-bikin-kompos-bintang-diganjar-p4s/

Untuk jurusan kuliah saya maupun bidang yang saya sukai adalah di bidang IT, kuliah di jurusan Teknik Informatika. Karena waktu itu kami memiliki ternak kambing dan limbah yang tidak termanfaatkan, akhirnya kami mencoba mengolah limbah tersebut menjadi kompos. Dengan ilmu di bidang IT dan di gabung dengan bidang pertanian, akhirnya kami bisa berjalan sampai sekarang.

Kegiatan unit usaha di bidang pertanian ini tidak lepas dari bidang IT. Walau dibidang usaha kami usaha sampingan kami, namun kami pahami untuk keberadaan dari pengolahan limbah ternak kambing ini dibutuhkan masyarakat dan juga hasil panen yang menggunakan pupuk /  kompos dari kambing ini sangat sehat di konsumsi jangka panjang dan tidak merusak tanah.

Saat ini kami mampu memproduksi kompos kambing setiap bulannya 3 - 4 ton dan media tanam siap pakai 2 ton setiap bulan. Untuk nutrisi tanaman cair saat ini masih kami gunakan untuk lahan pribadi. Semua produk yang di hasilkan dari unit usaha P4S Qirama ini untuk kalangan sendiri, karena untuk P4S sudah mencakup lingkup nasional.

Mari pemuda kita harus bangga dengan pertanian, terutama pertanian organik, yang dimana hasilnya sangat bagus untuk kesehatan kita jangka panjang.

0 Response to "Petani Muda Magetan | Petani Organik"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support