Bibit Porang Magetan Madiun Ponorogo Ngawi | P4S Qirama

pupuktanaman.com - Porang merupakan tanaman umbi yang dimana porang ini memiliki banyak manfaat terutama dalam bahan baku pembuatan kosmetik dan juga bahan baku pembuatan makanan untuk negara - negara tertentu. Tanaman porang ini sesaat mudah ditanam terutama di tanah Indonesia ini dan bahkan sekarang sudah banyak orang yang menanam tanaman porang ini untuk di exsport. Karena kebutuhan porang ini cukup banyak jadi bila menanam porang saat ini masih memiliki pasarnya.

Bibit Porang Magetan

Sesuai pengalaman kami sendiri, tanaman porang cukup mudah penanamannya baik dari katak / biji di daun porang maupun melalui umbi porang yang di tanam kembali. Dalam proses pembuatan bibit dari katak ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu agar tunas porang mulai tumbuh sejak awal penanaman dari katak.

Kami dari Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Qirama yang berada di Kabupaten Magetan juga membuat bibit porang dari katak yang sudah tumbuh. Tidak sedikit petani porang yang mengambil bibit porang yang sudah tumbuh dari kami, sekaligus membeli kompos kambing fermentasi produksi kami sendiri. 

Kami juga memiliki lahan kurang lebih 1 hektar di daerah Giripurno Kabupaten Magetan yang saat ini kami tanam i pohon jati dan juga tumpang sari dengan tanaman porang. Sehingga kami membuat pembibitan sendiri dari hasil kebun yang kami tanami porang.

Dalam proses penyemaian bibit porang ini di tempat kami, kurang lebih 1 minggu sejak awal penanaman. Kenapa proses kami lebih cepat dari proses yang kami sampaikan di atas? karena untuk penyemaian ini kami menggunakan media tanam siap pakai yang kami produksi sendiri dengan komposisi seimbang, sehingga mempercepat proses penyemaian semua tanaman salah satunya tanaman porang.


Untuk media penyamaian bibit porang, menurut pengalaman kami pribadi menggunakan 3 unsur media tanam, antara lain kompos kambing fermentasi, sekam yang sudah bakar dan tanah subur (tanah sungai). Kami menggunakan 3 unsur media tersebut dalam membuat media tanam untuk penyemaian bibit porang yang ada ditempat kami.

Bibit dari kami ada 2 jenis bibit porang, yaitu bibit porang biasa dan bibir porang super. Informasi lebih lanjut tentang bibit porang yang ada ditempat kami, bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673 atau bisa berkunjung di tempat Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Qirama di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.

0 Response to "Bibit Porang Magetan Madiun Ponorogo Ngawi | P4S Qirama"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.