Pembibitan Tanaman Porang

pupuktanaman.com - hay teman teman sobat petani dimanapun kalian berada, kali ini kami akan membahas tentang tanaman porang dimana dalam kasus ini kami ambil dari pengalaman kami pribadi karena kami saat ini sedang bertani porang untuk di lahan perkebunan kami.

Apa itu porang ?

Pastinya teman - teman sudah familiar dengan tanaman satu ini karena harganya yang cukup tinggi dan merupakan tanaman yang saat ini sedang ramai di bincangkan dan banyak teman - teman yang menanam tanaman ini.

Tempat kami merupakan tempat produksi kompos kambing fermentasi, sekam bakar dan kebutuhan bidang bertanam. Sekaligus tempat kami juga merupakan salah satu Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya, dimana kami saat ini sudah membina beberapa petani dan saat ini sedang mengembangkan dan belajar tentang tanaman porang. Dengan modal lahan kurang lebih 1,5 hektar yang saat ini kami kelolah, dimana saat ini lahan kami masih digunakan untuk tanaman pohon jati dan tanaman anggur jawa/ juwet. Untuk sela di bawah, kami beri tanaman porang.

Sistem Penanaman Tanaman Porang

Untuk penanaman porang, kami menggunakan katakan tanaman porang yang kami beli dari rekanan kami/ mitra kami. dan untuk media tanam kami menggunakan media tanam buatan / bahan produksi kami sendiri.

Untuk penanaman tanaman porang cukup mudah dengan masukkan katak ke dalam media tanam yang sudah kita buat dengan kedalaman kurang lebih 2 - 3 cm, jangan terlalu dalam agar tunas dari katak porang cepat tumbuh.

Adapun bahan yang kami gunakan untuk membuat media tanam untuk penyemaian tanaman porang adalah sebagai berikut ini :

1. Kompos kambing fermentasi, kami menggunakan kompos kambing fermentasi yang kami produksi sendiri, karena kompos kambing merupakan kompos yang memiliki unsur hara yang tinggi dan menggurangi pertumbuhan jamur pada tanaman porang, karena kompos kambing yang kami produksi, sudah kami olah menggunakan bahan bahan yang berkualitas dimana dapat mengurangi jamur, menggemburkan tanah dan juga mempercepat pertumbuhan akar sekaligus tanaman.

2. Sekam yang sudah di bakar, kami menggunakan sekam bakar produksi tempat kami sendiri, karena sekam yang sudah di bakar dapat mengurangi racun dalam tanah dan juga sekam bakar membuat tanah gembur, sekaligus sekam bakar membuat akar tanaman cepat tumbuh.

3. Tanah subur, kami menggunakan tanah sungai yang akan kaya dengan unsur hara, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan tanaman dan mengikat tanaman agar tidak mudah goyang.

4. Formula cair untuk mengurangi hama, kami membuat cairan untuk disemprotkan ke tanaman, dengan tujuan mengurangi hama yang menyerang tanaman porang sekaligus menyuburkan tanaman porang.

Untuk semua bahan, kami produksi sendiri dan menggunakan bahan - bahan organik, sehingga sangat bagus digunakan untuk jangka panjang, tanpa merusak tanah.

Cara Pembuatan Media Tanam 

Untuk membuat membuat media tanam dari bibit tanaman porang ini kami menggunakan perbandingan satu satu dua, dimana satu tanah subur, satu kompos kambing dan dua sekam bakar. Setelah ini bahan bahan tersebut dicampur dan di aduk secara merata dan menjadi media tanam siap pakai untuk tanaman porang.
Untuk implementasi dari media tanam ini, biasanya kami siram terlebih dahulu dengan air dan tunggu semalam, baru besoknya di tanami tanaman porang tersebut.

Mungkin itu teman - teman pengalaman kami dalam membuat pembibitan tanam porang di tempat kami. Bila ada kurangnya, kami minta maaf, karena dalam pembuatan ini sesuai dengan pengalaman pribadi kami dalam penyemaian tanaman porang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman - teman yang baru memulai pembibitan tanaman porang.

Terima Kasih

0 Response to "Pembibitan Tanaman Porang"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.

Jika ada pertanyaan atau order tiket dengan senang hati kami melayani. Silakan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support