Tanaman Sawo Berbuah Lebat | Tips Menanam

 Tanaman sawo diduga merupakan tanaman yang berasal dari pulau jawa negara Indonesis. Namun pasa masa penjajahan dahulu, tanaman sawo ini menyebar di beberapa negara. 


Tanaman sawo memiliki tinggi sampai kurang lebih 40 meter, dan berbuah lebat. Tanaman ini merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun, sehingga kita dapat memanennya sepanjang tahun tersebut. Buah sawo dapat di panen sebelum matang, sehingga buah sawo dapat terhindar dari hewan yang memakan buah.

Cara Berbudidaya Tanaman Sawo

Tanaman sawo dapat di budidayakan dengan cara menanam isi buah sawo maupun dengan cara mencangkok tanaman sawo tersebut. Agar segera berbuah dan tidak menunggu terlalu lama, maka lebih baik kita budidaya dengan cara mencangkok.


Hal yang perlu di perhatikan sebelum menanam tanaman buah sawo

- Iklim, tanaman sawo dapat tumbuh di iklim yang basah maupun kering, dengan curah hujan dari 2000-3000 mm/tahun.
- Media tanam, Gunakan media tanam yang bagus dan memiliki kesuburan tanah yang baik, kami menggunakan kompos kambing fermentasi yang di campur dengan sekam bakar dan tanah untuk dijadikan media tanam dari tanaman sawo ini.

Berbudidaya Tanaman Sawo

- Jarak tanaman sawo dengan lainnya 10 - 12 meter.
- Membuat lubang yang nantinya akan di jadikan tempat tanaman sawo dengan pemberian pupuk kandang sebagai dasar tanaman, sebelum tanaman sawo di tanam.
- Tanaman sawo yang sudah di tanam di bolybag, lalu di masukkan di lubang yang sudah di siapkan dengan dasaran dari pupuk kandang, gunakan kompos kambing yang sudah di fermentasi agar tanaman dapat tumbuh dengan lebat dan baik.

Tanaman Sawo Berbuah Lebat

Agar tanaman sawo dapat berbuah lebat, hal itu dipengaruh i oleh kesuburan tanah itu sendiri, semakin subur itu tanah maka akan membuat tanaman sawo dapat tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Kami menggunakan pupuk kandang atau kompos kambing fermentasi setiap 3 bulan sekali untuk pemupukan tanaman tersebut, agar kandungan unsur hara tanah tetap terjaga, sehingga dapat menghasilkan buah yang banyak. 

Masa Depan di Pertanian Organik.

0 Response to "Tanaman Sawo Berbuah Lebat | Tips Menanam"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.