Menanam Tanaman Kopi Robusta | Kompos Kambing

 


Kopi robusta merupakan tanaman kopi yang memiliki cita rasa yang kuat. Kopi robusta sendiri memiliki rasa yang cenderung lebih pahit di banding dengan arabika. Biji robusta sendiri banyak digunakan sebagai bahan baku kopi siap saji maupun racikan kopi blend.

Tanaman kopi ini dapat tumbuh di dataran rendah dan memiliki cuaca yang cukup panas. Untuk agar tanaman kopi robusta dapat tumbuh maksimal, pengalaman pribadi kami menggunakan media tanam dengan menggunakan pupuk kandang / kompos kambing fermentasi.

Kompos kambing fermentasi merupakan pupuk yang sangat bagus untuk menyuburkan tanah, sehingga tanaman kopi robusta ini dapat tumbuh dengan subur dan akar akarnya kuat.

Kopi robusta

Diatas merupakan bibit kopi robusta yang kami tanam di kebun belakang rumah, tanaman kopi yang masih bibit ini dapat tumbuh dengan subur seperti gambar. Awal penanam bibit kopi robusta ini, semua daunnya gugur, dan ini sudah mulai semi dan tumbuh daun daun hijau.

Kami menggunakan kompos kambing fermentasi untuk pemupukan tanaman kopi robusta ini. Awalnya kami tidak memakai pupuk sama sekali, dan hasilnya banyak yang mati, namun setelah memakai kompos kambing fermentasi yang kami olah sendiri, banyak tanaman kopi ini tumbuh dan semai.

Informasi lebih lanjut tentang tanaman maupun produksi dari kompos kambing fermentasi atau media tanam siap pakai, bisa hubungi kami di telp/wa 085735660673. atau bisa kunjungi situs resmi kami di qirama.com dan pupuktanaman.com

0 Response to "Menanam Tanaman Kopi Robusta | Kompos Kambing"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar, bila artikel ini bermanfaat.